Informasi & Promosi

Dapatkan Informasi / Promosi Layanan Kesehatan RS. Mitra Kemayoran Dengan Mengisi Data Dibawah ini:


Headline

ABOUT ANEMIA

Dr. Taswin Prawira, SpPD

RS Mitra Kemayoran

(Disadur dari Majalah SPICE edisi Februari 2007)

Sering merasa cepat capek? Jangan-jangan kamu terkena anemia. Kenali lebih dalam tentang penyakit kurang darah ini!

Duh, badanku lemas banget nih! Ditambah kepalaku pusing,“ keluh Dira dengan wajah pucat. Hmm….Apakah kamu sering mengalami keluhan seperti itu? Tandanya kamu menderita kurang darah atau anemia. Penyakit seperti ini jangan dianggap penyakit biasa. Kalau enggak cepat diantisipasi bisa menghambat aktivtasmu sehari – hari. Seharusnya kan, cewek seusiamu bisa aktif kesana-sini. Tapi gara – gara kamu menderita kurang darah, badanmu menjadi lemas dan tidak bertenaga. Alhasil mau mengerjakan apapun rasanya malas. Untuk itu, baca ulasan SPICE! Berikut!

Cukup? Atau…..

Setiap tubuh manusia sangat memerlukan pasokan darah yang cukup, jika tidak, maka darahmu tidak jadi seimbang. Ahli penyakit dalam, Dr Taswin Prawira, SpPD dari RS Mitra Kemayoran mengungkapkan, kurang darah atau yang biasa disebut anemia merupakan keadaan menurunnya jumlah dan mutu sel darah didalam tubuh dimana kadar hemoglobin (Hb) antara cowok dan cewek berbeda. Kalau cowok kurang dari 14 gram perdesiliter, sedangkan cewek kurang dari 12 gram per desiliter. Sel darah merah sendiri amatlah penting bagi tubuhmu. Sebab fungsinya untuk mengangkut oksigen dan zat gizi yang diperlukan selama proses fisiologis dan biokimia dalam setiap jaringan tubuh. Nah, kalau jumlah oksigen ke seluruh tubuhmu jadi berkurang artinya kamu kekurangan darah.

Menurut Dr Taswin sendiri, berkurangnya darah didalam tubuhmu terjadi karena banyak hal. Pertama, akibat perdarahan kronis seperti kehilangan darah karena luka berat, tindakan pembedahan, kecelakaan, menstruasi, melahirkan, dan terlalu sering menjadi donor darah. Kedua, jika kamu malas mengkomsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah – buahan, jadinya kamu kekurangan gizi. Padahal setiap orang perlu asupan gizi. Pada hal setiap orang perlu asupan gizi yang cukup. Ketiga, tanpa kamu sadari adanya zat beracun didalam tubuhmu. Bisa dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Bisa dari makanan atau minuman yang kamu konsumsi. Keempat, penyebab yang tidak bisa kamu hindari yaitu faktor keturunan (genetik). Kelima, penyakit Hodgkin atau kanker pada organ penyimpanan serta pembentukan darah seperti hati, limpa, sumsum tulang belakang, dan penyakit ginjal kronis. Dan yang terakhir, karena menurunnya kualitas dan kuantitas Hemoglobin (Hb) sel darah merah ditubuhmu. Hal tersebut bisa terjadi akibat zat gizi besi digunakan hal lain diluar untuk pembuatan sel darah merah. Misalnya, akibat kekurangan asam lambung, penyakit pada sum – sum tulang, kekurangan zat gizi untuk pembentukan atau memproduksi sel – sel darah merah seperti asam volat, vitamin B12, dan lain – lain.

SUBJEK: KAMU!

Semua orang bisa terkena anemia, terutama ibu hamil perlu pasokan darah lebih banyak daripada jumlah biasanya, apalagi setelah melahirkan. Kalau seorang ibu hamil menderita anemia, maka dapat mempengaruhi janin didalam perutnya, which’s not good, right? Tapi kalau dibandingkan dengan cowok, kamulah yang rentan terkena anemia. Secara fisik saja, kamu lebih lemah daripada cowok. Artinya, energi yang kamu punya nggak sebanyak dengan energi cowok. Jarang kan, kamu melihat cowok pingsan gara – gara pingsan gara – gara kecapekan? Kebutuhan zat besi pada tubuhmu tiga kali lebih besar ketimbang cowok. Salah satu penyebabnya karena setiap bulannya kamu pasti mengalami menstruasi, dimana saat itu darahmu terkuras banyak. Makanya ketika menstruasi badanmu jadi sering lemas. Untuk itu, kamu harus menstabilkan kadar sel darah seperti semula untuk mengganti darah yang keluar saat menstruasi. Selain itu, kebanyakan cewek tidak mempunyai pola makan yang nggak teratur dan lupa makan sayur-sayuran. Alasannya sih ingin mengurangi makan biar lebih langsing. Tapi jadinya malah mengurangi asupan gizi ke dalam tubuh.

WHAT TO DO?

Jangan langsung pesimis dulu jika kamu terkena anemia. Tenang saja, penyakit anemia atau kurang darah dapat disembuhkan kok, menurut dokter penyakit dalam ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mencegah anemia. Yang paling utama adalah selalu mengkomsumsi makanan yang bergizi. Ingat empat sehat lima sempurna, dong? Nah, itu perlu banget kamu terapkan sehari – hari.

Selain dari makanan, secara medis pun, kamu dapat diberikan suntikan yang berisi suplemen zat gizi besi, pastinya dengan dosis tertentu sesuai dengan petunjuk dari dokter. Karena asupan zat besi secara berlebihan pun juga nggak baik buat tubuh, bahkan bisa menimbulkan gangguan kesehatan lho, efek yang ditimbulkan dari suplemen zat besi tersebut juga bermacam – macam. Bisa mual, nyeri lambung, ataupun diare. Tapi efek tersebut masih dalam batas ringan dan hanya bersifat sementara.

Sedangkan bagi penderita anemia asam folat, untuk penyembuhannya dapat diberikan asam folat dengan dosis tertentu melalui suntikan. Sebelum menjalankan proses penyembuhan tersebut, kamu harus konsultasikan dulu dengan ahli gizi. Karena setiap orang kan, punya kapasitas berbeda – beda, sehingga kalau dikonsultasikan lebih dulu, kamu aman dalam menjalankan proses penyembuhannya.

YUM…YUM…YUM

Nggak ada kata terlambat untuk hidup sehat. Sebab cara yang paling jitu untuk mencegah dan mengobati anemia berasal dari makanan. Pada dasarnya penyakit anemia terjadi karena kekurangan zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Semua keperluan zat gizi tersebut berasal dari makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Sedangkan asam folat dapat diperoleh dari daging, sayuran hijau, dan susu. Asam folat mengandung nutrisi yang mudah diserap oleh usus. Untuk itu, kamu harus rajin mengkomsumsi makanan bergizi. Jika perlu, kamu juga dapat meminum minuman yang mengandung zat besi, tapi itu harus dengan anjuran dokter lho!

Sedangkan yang terjadi saat ini gaya hidup sehat sangat jarang diterapkan. Alhasil, kamu jadi nggak terlalu peduli dengan makanan yang kamu asup, yang terpenting makanan tersebut ebak dan bisa buat perutmu kenyang. Padahal anggapan tersebut salah karena nggak baik buat kesehatan. Terutama gaya hidup yang bebas mengkomsumsi junk food kapan saja dan melupakan sayur sebagai sumber zat besi. Thant’s big no no! So, supaya badan sehat dan enggak kekurangan zat besi, kamu harus benar – benar memperhatikan susunan menu makanan yang akan kamu asup ke dalam tubuh. Tentunya makanan dengan gizi seimbang, setidaknya empat sehat lima sempurna.

Ingat Popeye The Sailor Man? Sebelum melawan musuhnya, dia selalu makan sayur bayam agar kuat, kalau nggak, badannya jadi lemah. Hal tersebut bisa terjadi karena sayur bayam mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi, sehingga bisa menambah energi ditubuh. Selain sayur bayam, makanan yang perlu dikonsumsi bagi penderita anemia adalah hati daging. Sebab hati daging dapat dipercaya dapat menambah sel darah merah didalam tubuhmu. Hindari juga makanan atau minuman yang dapat menghambat penyerapan besi, seperti kopi. Jangan lupa, sering – sering juga mengkomsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, tomat, dan mangga, sebab asam askorbat yang terkandung didalam vitamin C dipercaya dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Tubuh kuat, bebas deh dari anemia.

Leave a Reply


7 × = forty two