Informasi & Promosi

Dapatkan Informasi / Promosi Layanan Kesehatan RS. Mitra Kemayoran Dengan Mengisi Data Dibawah ini:


Headline

Nyeri Pada Lutut

Nyeri pada lutut tidak perlu kita takuti tapi sebaiknya diwaspadai karena pada umumnya tidak berbahaya dan mudah diatasi. Tentunya kita harus tahu kapan kita perlu mengkonsultasikan problem nyeri lutut ini. Beberapa patokan yang dapat dipakai adalah bila nyeri itu berlangsung dalam waktu yang lama, menyebabkan hambatan gerak, disertai bengkak disekitar sendi dan nyeri-nyeri yang timbul pada posisi atau gerakan tertentu.

Secara singkat lutut terdiri dari tulang, kapsul, rawan sendi, meniscus, ligament, otot dan syaraf, semua bagian ini bekerja untuk menghasilkan gerakan lutut yang sempurna. Bila kita perhatikan nyeri lutut dapat terjadi pada semua umur. Pada anak-anak nyeri biasanya karena pertumbuhan lutut yang kurang sempurna, karenanya perlu kita atasi sedini mungkin agar pada waktu mereka selesai tumbuh atau memasuki usia dewasa muda, ketidaksempurnaan ini sudah teratasi. Kelainan yang perlu mendapat perhatian adalah Chondromalacia yaitu tulang rawan sendi yang kurang keras, discoid meniscus atau bentuk meniscus yang tidak sempurna, Osgood Schalter’s disease akibat terangkatnya ligament patella dari tulang, penyakit rematik pada anak, bentuk lutut O atau X, tumor-tumor jinak seperti osteochondroma. Ada pula penyakit yang perlu mendapat perhatian lebih seperti TBC sendi atau juga Osteomyelitis karena infeksi pada tulang. Yang sangat serius adalah tumor-tumor ganas pada anak yang perlu ditangani sedini mungkin karena berakibat fatal bila lambat ditangani.

Pada orang dewasa penyebab nyeri pada lutut bisa karena trauma seperti terjatuh, keseleo, cedera waktu olahraga baik yang disadari ataupun tidak. Banyak orang yang menganggap cedera-cedera ini ringan dan cukup diurut atau diserahkan pada pengobatan secara tradisional, padahal cedera-cedera tertentu bisa merupakan bola salju, yang bila tidak ditangani secara adekuat akan menimbulkan penyakit lutut yang kompleks di kemudian hari. Keterbatasan pengetahuan pengobatan tradisional juga dapat menimbulkan cacat permanen yang sulit dikoreksi bila sudah terlambat walau dengan tindakan pembedahan yang canggih sekalipun seperti patah tulang di dalam sendi yang tidak disadari oleh penderita dan umumnya hanya dikira hanya keseleo biasa. Sebaliknya bila diketahui dini dengan tindakan bedah sederhana yang tidak memerlukan perawatan yang lama kelainan – kelainan lutut yang kompleks ini dapat ditangani secara sempurna. Tindakan pembedahan ini menggunakan alat yang dinamakan arthoscopy, dimana kulit hanya dibuka selebar 1 cm ( bandingkan dengan tindakan pembedahan konvesional dimana kulit dipotong sepanjang 15 cm ), tidak menimbulkan perdarahan dan sehingga penderita tak perlu menginap ataupun bila perlu rawat inap cukup 1 hari saja. Dengan alat ini kita bisa memperbaiki meniscus dan ligament yang robek juga tumor – tumor jinak pada selaput sendi atau kerusakan tulang rawan sendi yang tak terlalu luas, mengangkat loose bodies disamping juga mendiagnosa penyakit – penyakit yang sulit dideteksi dengan pemeriksaan radiologis.

Pada usia ini perlu diwaspadai nyeri karena kelainan diluar lutut, misalnya akibat otot paha yang lemah, cedera ligament lutut sebelah dalam, biasanya penderita mengeluh nyeri terutama kalo dari posisi jongkok ke berdiri, tak kuat kalau harus naik tangga atau hampir jatuh secara tiba – tiba karena lutut terasa tak bertenaga, dengan bimbingan yang baik kelainan ini juga mudah diatasi. Penyebab luar yang lain adalah kelainan – kelainan di sendi panggul atau juga gangguan di tulang belakang (HNP) yang bisa menekan atau menjepit syaraf disekitar lutut yang tentunya memerlukan penanganan yang lebih kompleks. Tentu semua orang juga mengerti nyeri lutut bisa disebabkan oleh kelebihan berat badan dan kurangnya olahraga, karenanya dianjurkan untuk olahraga secara teratur dan makan seimbang, dimana hal ini juga mencegah terjadinya penyakit karena asam urat pada orang yang punya penyakit asam urat. Pada dewasa muda sering kita jumpai ”habitual patellar dislocation” yaitu tempurung lutut yang mudah terlepas pada pergerakan tertentu yang kadang – kadang memerlukan tindakan pembedahan bila cara konservatif dengan penguatan otot gagal mengatasi hal ini.

Pada usia yang lebih lanjut diatas 45 tahun mulailah terjadi penyakit degeneratif pada lutut dikarenakan kerusakan tulang rawan sendi yang disebut arthritis. Penderita pada stedium awal akan mengeluh kaku sendi di pagi hari lama – lama disertai rasa nyeri di lutut terutama bila jongkok berdiri atau naik tangga dan diakhiri dengan nyeri permanen dan gerakan sendi yang sangat terbatas yang kadang – kadang memaksa penderita untuk tidak berjalan lagi walau kondisi tubuh masih cukup sehat. Kelainan ini dikenal dengan pengapuran walau istilah ini sebetulnya kurang tepat karena sebetulnya tidak terjadi penumpukan kapur disendi yang menyebabkan mitos bahwa minum susu atau kalsium akan menambah berat penyakit ini, padahal penyakit ini tidak ada hubungan dengan kalsium sebaliknya kalsium perlu dikonsumsi secara teratur untuk mencegah osteoporosis. Lebih jauh ditambahkan osteoporosis tidak menimbulkan nyeri lutut sehingga nyeri lutut tidak bisa diatasi dengan kalsium.

Penyebab arthritis digolongkan dalam dua kelompok besar yaitu yang primer karena memang tulang rawan sendi sudah aus atau gugus karena dipakai terus menerus seperti ban yang menjadi tipis setelah menempuh jarak ribuan kilometer atau juga yang sekunder karena penyebab yang lain seperti cedera waktu muda yang tidak segera diatasi, bentuk kaki yang terlalu O atau X, penyakit rematik dan asam urat, infeksi dan lain sebagainya. Baik primer maupun sekunder kerusakan yang terjadi sama yaitu rusaknya permukaan rawan sendi, pada stadium awal pengobatan dan pencegahan dapat berupa obat – obatan, suntik sendi, fisioterapi, olahraga  low impact dan arthroscopy surgery.

Pada stadium yang lebih lanjut diperlukan tindakan pembedahan yang lebih kompleks yaitu operasi pelapisan permukaan sendi dengan sendi buatan yang dikenal dengan istilah arthroplasty atau total knee replacement, tindakan ini bisa menuntaskan rasa kaku, nyeri, hambatan gerak dan meluruskan tulang lutut yang sudah bengkok. Prosedur pembedahan ini sangat popular di negara maju karena dapat memperbaiki kualitas hidup penderita di usia lanjut.

Semua tindakan ini sudah dapat dilakukan di Indonesia dengan hasil yang memuaskan, tentunya di rumah sakit yang mempunyai fasilitas dan tenaga dokter yang memiliki keahlian khusus untuk mengatasi penyakit – penyakit kompleks pada lutut.

Dr. Andito Wibisono Sp. OT FICS
Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi RS Mitra Kemayoran

31 Responses to “Nyeri Pada Lutut”

  1. avatar catherine says:

    Dok..sy mau tanya dong..anak sy laki2 uzia 4thn..bbrp hr terakhir suka mengsluhkan lutut kananya sakit…anak sy tergolong anak yg sangat aktif…tp saat menjelang tidur sll ngeluh kakinya sakit atau pegel terutama akhir2 ini di bagian lutut kanan…kenapa bs spt itu ya?apakah ada solusinya?

    • aktifitas anak usia 4 th yang tinggi seperti jalan, lari, panjat apapun seringkali tanpa disadari mengalami cedera pada kaki yang disebabkan truam yang berulang2 seperti terjatuh, terbentur benda-benda keras dsbnya. Cedera pada kaki inilah yang sering menyebabkan rasa sakit yang dirasakan dimalam hari, saat kita beristirahat. Cedera-cedera yang di timbulkan memang sering tidak tampak dibagian luar kakinya, apalagi bila sehabis terjatuh kemudain bangun dan berlari lagi seperti tidak terjadi apa-apa. Kami anjurkan anda untuk memeriksakan anak anda ke dokter spesialis Orthopaedy untuk diperiksa lebih teliti, sampai dimana aktifitas anak anda membuat cedera di lutut dan bagian-bagian lain kaki anak anda supaya bisa mendapat solusi yang tepat untuk kesehatan kaki anak anda. Terima Kasih

      • avatar budi says:

        Dok saya mau tanya, anak saya perempuan sekarang masuk diusia 5 tahun. Dan, yang menjadi keluhan saya, dari 2hari setelah keluhan ini saya sampaikan kepada anda, bahwa anak saya mengalami susah berdiri disaat bangun tidur. Yang menjadi bingung saya, anak saya terkesan tidak terbebani apa2 dalam arti hanya bilang kalo kakinya terasa susah berdiri dengan sambil tertawa/tersipu happy. Kira2 apa yang harus saya lakukan ya Dok? Terimakasih sebelumnya & kami orang tuanya sangat berharap bantuan informasi serta saran yang spesifik dari anda Dok.

        • Karakter anak-anak memang seperti itu, polos dan selalu gembira dimanapun dan kapanpun. Tapi untuk masalah anak anda ini, kami anjurkan anda untuk megkonsultasikan masalah anak anda ini ke dokter spesialis Syaraf/Neurology, untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut apakah anak anda terkena penyakit yang menyerang syaraf seperti Guillian Barre Syndrome dimana kekakuan dan kelemahan ototnya merambat dari mulai kaki dan terus makin ketas dan bila didiamkan akan menyebabkan kelumpuhan otot secara keseluruhan. Terima Kasih

  2. avatar Jeffry says:

    Dokter Yth,

    Saya pria umur 43 thn, menderita kelainan lutut seperti yang diuraikan diatas dan sudah terasa lutut kehilangan tenaga sejak 5 tahun lebih, cuman dalam setahun sakitnya cuman beberapa minggu. Setelah kedokter pasti sembuh.
    Akan tetapi sejak bulan July tahun 2013 kemarin sampai dengan hari ini (26 April 2014) satu lutut saya berair dan bengkak. Nyerinya sudah permanen dan hampir tidak bisa jalan dan tidur lelap kalau tidak minum obat anti nyeri.
    Mohon informasi saya harus kerumah sakit mana dan ketemu dengan dokter spesialis bernama?. Sehubungan saya sudah kedokter hampir 20 dokter dan telah di radiologi, fungsi, EMG, MRI, minum obat lebih dari 3 bulan dll. Akan tetapi sampai hari ini belum juga ada kemajuan dan gejala membaik.

    Mohon sarannya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih

    • Untuk masalah anda ini, jika semua hasil pemeriksaan anda normal sedang gejala masih terus berlangsung, kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Rhematology untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih teliti. dan kami anjurkan agar datang dan berobat ke satu dokter saja, supaya perkembangan penyakit anda bisa terus di pantau. Sebab dengan pindah-pindah dokter, tidak akan menyelesaikan solusi anda, karena setiap pergi ke dokter baru, akan dimulai pemeriksaan yang awal lagi sehingga memperlambat proses terapi anda. Terima Kasih

  3. avatar desih says:

    Dok, saya brusia 24 thn tp kedua lutut sy akhir2 ini sering nyeri ketika brdiri kembali stelah duduk atwpun jongkok,, itu tandanya knp ya dok.. Mohon sarannya. Trimaksih

    • Nyeri lutut pada usia anda ini sering disebabkan oleh:
      – Trauma pada lutut seperti terbentur yang cukup keras, terjatuh atau terkilir di sendi lutut, cedera saat berolah raga dsbnya
      – Alas kaki yang sudah lama dimana alas kaki sudah melengkung akibat mengikuti bentuk kaki serta alas kaki yang licin dapat menambah cedera lutut akibat beban kerja yang berlebihan pada kaki terutama sendi lutut untuk menyesuaikan gerakan kaki agar tidak terjatuh
      – AC atau kipas angin yang sering terarah kekaki yang menyebabkan kram otot-otot sekitar kaki
      -Pemakaian yang berlebihan seperti naik turun tangga, berlutut atau posisi jongkok dalam waktu yang lama dan berulang-ulang
      – Sering mengangkat beban berat dan faktor kelebihan berat badan pun juga bisa menyebabkan kerja extra pada sendi lutut anda.

      Kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan dan dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri dilutut anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy, agar bisa mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat serta sesegera mungkin agar rasa nyeri lutut anda tidak berlarut-larut dan semakin bertambah parah. Anda bisa mengkonsultasikan masalah anda ke klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3, RS MItra Kemayoran. Untuk keterangan jadwal praktek dokter, anda bisa menghubungi ke nomor (021)6545555 ext 3777. Terima Kasih

  4. avatar rini says:

    Dok, sudah hampir setahun lutut kana saya sangat sakit.terutama berdiri setelah jongkok, saat jongkok, berlutut, naik tangga.
    Saya pernah ke dokter orthopedi dan dirontgen.namun katanya tidak apa2
    Namun saya sanksi dg hasil dokter itu.
    Lutut saya terasa hangat, agak bengkak

  5. avatar Choco says:

    dok kemaren saya hbs jatuh. lutut kiri saya terbentur tanah cukup keras. dibuat jalan juga sakit ditekuk juga nggak bisa dok. tadi pagi dipijat urat krmudian diberi nyem2an beras kencur lalu diperban untuk menghilangkan bengkaknya… kalau sudah hilang bengkaknya mau dibetulkan karena sendinya tidak pada posisi yang benar. apakah cara tersebut benar dok? apakah ada alternatif lain yang lebih efektif untuk mempercepat proses penyembuhannya? karena aktivitas saya sangat padat dok. terimakasih sebelumnya.

    • untuk masalah anda ini, kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan dahulu ke dokter spesialis Orthopaedy, untuk diperiksa seberapa parahnya kerusakan yang terjadi pada otot-otot penyanggah serta sendi lutut anda akibat terjatuh yang cukup parah tersebut. Kejadian seperti anda ini memang bisa menyebabkan kerusakan ligament yang terdapat disekitar lutut anda serta bisa terjadi ruptur/robekan di meniskus anda sehingga menyebabkan rasa nyeri dan bengkaknya lutut anda tersebut. Untuk itu diperlukan pemeriksaan yang lebih teliti oleh dokter spesialis orthopaedy dan bila diperlukan dilakukan pemeriksaan foto Rontgen atau MRI untuk melihat seberapa parahnya kerusakan yang terjadi pada lutut anda. Anda bisa datang untuk mengkonsultasikan masalah anda ini ke klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di lantai 3 RS Mitra Kemayoran dan untuk keterangan lebih lanjut anda bisa menghubungi ke no telepon (021)6545555 ext 3771/3772/3773/3777. Terima Kasih

  6. avatar tabithas says:

    doc Yth, saya berusia 35 thn ,lutut kiri saya selama 6 bulan belakangan mengalami nyeri,bahkan diketuk dgn jari sdkit saja tambah nyeri hebat.seingat saya ,saya tidak pernah mengalami benturan,jatuh atau mengalami trauma dilutut saya.berat badan saya 55kg,TB : 167 cm.saya wanita aktif,menikah dgn 2 anak.berat badan saya stabil,hanya belakangan saya sering mengalami kedinginan atau demam tanpa sebab lalu sembuh dgn sendirinya.kemana saya harus berkonsultasi (bagian apakah )terimakasih utk penjelasan dok,Tuhan memberkati..

    • Nyeri yang hebat di lutut memang biasanya disebabkan oleh peradangan di sekitar sendi lutut anda. Penyebab radangnya bisa disebabkan karena pemakaian yang berlebihan pada kaki anda, juga masalah sepatu yang terlalu licin, sudah melengkung mengikuti bentuk kaki serta pemakaian sepatu yang beralas tinggi, dapat menyebabkan kerja sendi lutut terlalu berat dan menimbulkan peradangan.

      Untuk masalah anda ini, kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan masalah lutut anda ke dokter spessialis Orthopaedy yang khusus menangani masalah lutut, agar bisa mendapat pemeriksaan dan terapi yang lebih terarah. Andan bisa datang ke klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. Untuk keterangan lebih lanjut anda bisa menghubungi di nomor (021)6545555, xet 3771/3772/3773/3777. Terima Kasih

  7. avatar Sam says:

    Dokter saya mau tanya..
    saya pria umur 23thn..
    karna saya duduk terlalu lama di depan komputer bagian bokong sampai paha sering sakit ( kalau bersin sakit sekali.. kalau bungkuk sambil mundur jg terasa sakit) saya minum obat 1x saja sakitnya langsung hilang.. tetapi krna duduk terlalu lama lagi besok paginya jadi sakit lagi.. sampai pernah untuk bangun saja sakit sekali.. dan jalan juga terasa sakit.. sakitnya suka berpindah2.. kadang di bokong kiri.. kadang di kanan. ada yang bilang saya saraf terjepit.
    tetapi anehnya.. jari kaki saya yang bagian tengahnya kaku dan sakit sekali.. dan kemerahan.
    1minggu kemudian lutut saya jadi bengkak dan terasa sakit juga.. dan berair.
    saya sudah kedokter.. 2 dokter bilang saya rematik.. saya tanya kok bisa di umur saya masih 20n.. katanya genetik.. tetapi 2 orang tua saya tidak sakit rematik)
    sungguh saya sangat sedih.. karna saya tau rematik tidak bisa di sembuhkan.
    saya mau tanya dok.. lutut saya bengkak dan berair.. kdng sakit kadang ga sakit.. cuma kaku doank.. klu jongkok rasanya lutut saya kencang sekali.
    bila minum obat bengkaknya hilang semua smpe kaku nya jg hilang.. tapi setelah 2hari saya lepas obatnya malah bengkak lagi.
    bagaimana cara hilangin bengkak di lutut saya donk.. saya tidak ingin minum obat terus.
    saya dengar pola makan raw food bisa sembuhkan rematik apa itu benar dok?
    mohon pencerahannya.. saya sangat sedih sekali.
    saya tidak merokok, minum2 bahkan es dan air bersoda saya tidak suka.. hanya tidur saya saja yang tidak bagus. sudah 1bulan seperti ini dok..

    • Pola duduk yang salah selama bekerja di depan komputer dan kurangnya aktifitas olah raga, dapat menyebabkan keluhan rasa sakit di tulang panggul seperti yang anda rasakan saat ini. Pola duduk yang benar selama didepan komputer denagn duduk tegak dan bersandar pada sandaran kursi anda serta tiap 2 jam, lakukan relaksasi selam 5-10 menit untuk melancarkan peredaran darah anda kembali. Istirahat yang cukup 6-8 jam perhari serta makan yang baik sesuai 4 sehat 5 sempurna, akan dapat membantu anda mengurangi rasa sakit di panggul anda.

      Untuk masalah bengkak dan radang di kaki anda, apakah waktu anda ke dokter, pernah memeriksakan kadar asam urat anda ? Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis penyakit dalam, agar bisa mendapatkan pemeriksaan yang lebih teliti sekaligus dilakukan pemeriksaan darah yang lebih lengkap selain pemeriksaan asam uratnya. Terima Kasih

      • avatar Sam says:

        Sekarang pinggul saya sudah tidak bermasalah dok..
        kalau olahraga saya sering dok.. soalnya saya suka fitnes 3x 1minggu.
        hanya lutut kaki kiri dan jari kaki saja yang masih bengkak.. dan selalu kaku kalau berjalan.
        saya sudah cek darah juga dan hasilnya
        asam urat saya 3,
        Fungsi hati saya 3x lebih tinggi yaitu SGOT 111, SGPT 82 air seni agak keruh
        segmen 84 (normal 36-66)
        wbc / leucoyt 18.300 (normal 5000-10000)
        kalium 3.1 (3.6-5.5)
        salmonella typhi h +1/100

        menurut dokter saya harus bagai mana ya…
        terima kasih dokter

        • Dengan hasil laboratorium seperti ini, anda memang harus mengkonsultaiskannya terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam. Agar dapat dicari penyebabnya yang menyebabkan terjadinya gangguan fungsi hati, peningkatan kadar lekosit serta adanya kadar kalium yang menurun. Memang akan dilakukan serangkaian test darah kembali untuk melengkapi pemeriksaan yang sudah anda lakukan sebelumnya, sehingga bisa disimpulkan penyakit yang anda rasakan saat ini. Terima kasih

  8. avatar Maria says:

    Salam Dokter.
    Saya mau bertanya mengenai lutut ayah saya. Beliau berusia 57 tahun, suka berolahraga. Seminggu 3x lari pagi, 2x naik sepeda sore. Akhir2 ini (2 minggu-an), lutut sebelah kirinya jika ditekuk, seperti ada perih di bagian tertentu. Rasanya perih seperti luka yang dalam proses penyembuhan, padahal di kulit lututnya tidak ada luka sama sekali.
    Jika lutut tsb sering ditekuk atau digerakkan, perihnya berkurang/menghilang. Tapi jika lututnya jarang digerakkan, saat ayah saya menekuk lututnya/jongkok, perih itu terasa lagi.
    Saat berlari atau naik sepeda, rasa perihnya tidak terasa.
    Kira-kira penyakit apa yang menyerang ayah saya, Dokter? Apakah nyeri lutut termasuk?
    Terima kasih

    • Apakah pernah terbentur atau terjatuh dimana lutut menjadi penahannya ? Untuk masalah ayah anda ini biasanya memang disebabkan karena peradangan di sendi lutut ayah anda. Dan penyebab yang tersering akibat truma seperti terjatuh, terkilir atau terbentur, atau bisa disebabkan juga karena pemakaian lutut yang berlebihan seperti aktifitas naik turun tangga dan sebagainya. Selama rasa nyeri tersebut ada, kami anjurkan ayah anda untuk mengistirahatkan dahulu lutut ayah anda. fisioterapi dapat membantu mengurangi rasa nyeri ini, Bila sakitnya terus berlanjut, kami anjurkan ayah anda untuk mengkonsultasikan dahulu masaalah ini ke dokter spesialis orthopaedy yang khusus menangani masalah lutut. Anda bisa mengkonsultasikan masalah anda ini ke klinik “Jakarta Orthopaedic Center” di lantai 3 RS Mitra Kemayoran, agar bisa dicari lebih lanjut penyebab rasa nyeri lutut ayah anda ini dengan lebioh teliti. Terima Kasih

  9. avatar veronica adelya says:

    Dok, saya mau tanya ..
    Apakah harus dengan operasi jika seLaput Ligamentnya robek’?
    Kalau memang harus operasi, fase penyembuhannya butuh berapa hari’?
    Terima kasih.

    • Ligamen yang robek memang diperlukan operasi untuk perbaikannya, apalagi bila robekan ligamen ini cukup parah dan mengganggu aktifitas anda. Masa pemulihan tergantung individu masing-masing, apakah cepat atau tidaknya recovery saa mengalami luka. Semangat pasien dan tidak malas saat melakukan fisioterapi juga akan membantu pemulihan post operasinya. Terima Kasih

  10. avatar chris says:

    Halo dokter, saya mau konsultasi
    umur saya 21th, perempuan, tinggi 150, bb 60kg
    mulai jaman kuliah, lutut kiri saya sering terasa nyeri, apalagi kalo berdiri lama, jongkok dan naik turun tangga
    apa itu berhubungan sama aktivitas dan berat badan saya? bagaimana cara mengurangi rasa nyeri nya ya? terkadangang, maaf kalo udah menjelang waktu PMS, nyeri lutut tambah menjadi-jadi sampe ke arah pinggul…
    selama ini untuk meredakan nyeri, saya tempel pake salonpas/gosok geliga sambil minum obat osteforte dok..
    mohon sarannya, terimakasih :)

    • Aktifitas yang berlebihan, angkat barang berat, pemakaian sepatu berhak tinggi atau memakai alas kaki yang lama dimana alas kaki melengkung mengikuti bentuk kakai serta licin, dapat menyebabkan nyeri dilutut anda. apalagi bila sebelumnya anda pernah mengalami tauma dilutut seperti terkilir, terbentur benda keras, terjatuh dsbnya. Bila sakit anda berlanjut walau sudah menghindari hal-hal yang kami sebut diatas, kami anjurkan anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis Orthopaedy untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih teliti dan seksama agar sakit anda tidak semakin bertambah parah. Anda bisa datang ke klinik “Jakart Orthopaedic Center” dilantai 3 RS Mitra Kemayoran untuk mengkonsultasikan masalah anda ini. Bila diperlukan, akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk melihat kondisi tulang dan otot sekitar lutut anda. Untuk keterangan yang lebih lanjut, anda bisa menghubungi nomor telepon (0216545555 ext 3771/3772/3773/3777. terima kasih

  11. avatar ira says:

    Dok,lutut kanan sy skt krn terjatuh,kalau dipijat amankah? Terima kasih dok atas jwb annya…

    • Kami tidak mennganjurkan untuk dilakukan massage setelah terjadi trauma. Karena saat Trauma pasti ada pembuluh darah yang pecah sehingga menyebakan pembengkakan, warna kulit yang berubah seperti merah dan kemudian membiru dsbnya. Pemijatan akan mengganggu proses pembekuan darah yang terjadi untuk mengatasi perdarahan. Karena dengan pemijatan, pembekuan darah yang terbentuk akan dipecah lagi saat dilakukan penekanan saat di massage sehingga bisa menimbulkan perdarahan yang makin bertambah sehingga akan timbul bengkak yang semakin menghebat. Kompres dingin saat kejadian adalah pertolongan pertama untuk mengurangi perdarahan yang terjadi dan bila sakit bertambah hebat, konsultasi dokter spesialis Orthopaedy sangat diperlukan, Terima kasih

  12. avatar Hanny says:

    apakah serung terjadi cedera meniskus pada lutut disebabkan atau dipengaruhi oleh kurangnya asupan kalsium pada tubuh?

  13. avatar adhi says:

    Selamatsiang dok, saya mau tanya ,saya punya anak perempuan usia 3,5th akhir”ini,anaksaya merasakan sakit di bagian lutut,seperti di otot, tapi. Rasa kitnya itu berpindah” kadng di kanan, kadang di kiri, patidakberbahaya, &apa penyebabnya, terimakasih n

    • Apakah anak anda sering terjatuh ? Karena dengan terjatuh, bisa menimbulkan cedera disekitar sendi lutut anak anda. Juga tolong perhatikan alas kaki anak anda, apakah sudah terlalu lama sehingga alas kakinya melengkung ? atau mungkin terlalu licin sehingga membuat anak anda tanpa disadari mengalami perubahan gerakan kaki saat berjalan karena mengimbangi licinnya alas kakinya. Bila sakit berlanjut, kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan masalah anda ini ke dokter Orthopaedy khusus untuk masalah perkembangan tulang anak-anak, agar bisa mendapat penanganan dengan lebih tepat. Terima Kasih

  14. avatar Ainol says:

    Selamat SIang Dok,
    Mau tanya Dok,
    saya Cowok, umur 32 thn, 62 kg, 170 cm, suka olahraga (futsal), olahraga 1-3 kali seminggu). dalam 2 minggu ini saya ada keluhan di bagian belakang lutut kiri terasa nyeri saat berdiri dari setelah duduk bersila (dilipat), namun rasa nyeri akan hilang setelah beraktifitas jalan atau kaki dalam keadaan lurus. saat berolahraga (ringan/berat) tidak dirasakan nyeri tsb. jadi nyerinya hanya setelah lutut dilipat. kira2 kemungkinan penyebabnya apa ya dok. Sbg informasi hasil MCU saya (Juni 2014) berkesimpulan kadar kolesterol Tinggi (234) dan Hiperurisemia (7,6). Dan ada varises di belakang lutut saya. Nyeri hanya di lutut kiri, sdngkn yg sblh kanan dan sendi lain tidak. Terima kasih atas tanggapannya.

    • Nyeri lutut pada usia anda ini sering disebabkan oleh:
      – Trauma pada lutut seperti terbentur yang cukup keras, terjatuh atau terkilir di sendi lutut, cedera saat berolah raga dsbnya
      – Alas kaki yang sudah lama dimana alas kaki sudah melengkung akibat mengikuti bentuk kaki serta alas kaki yang licin dapat menambah cedera lutut akibat beban kerja yang berlebihan pada kaki terutama sendi lutut untuk menyesuaikan gerakan kaki agar tidak terjatuh
      – AC atau kipas angin yang sering terarah kekaki yang menyebabkan kram otot-otot sekitar kaki
      -Pemakaian yang berlebihan seperti naik turun tangga, berlutut atau posisi jongkok dalam waktu yang lama dan berulang-ulang
      – Sering mengangkat beban berat dan faktor kelebihan berat badan pun juga bisa menyebabkan kerja extra pada sendi lutut anda.

      Kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan dan dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri dilutut anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy, agar bisa mendapatkan solusi dan penanganan yang tepat serta sesegera mungkin agar rasa nyeri lutut anda tidak berlarut-larut dan semakin bertambah parah. Anda bisa mengkonsultasikan masalah anda ke klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3, RS MItra Kemayoran. Untuk keterangan jadwal praktek dokter, anda bisa menghubungi ke nomor (021)6545555 ext 3777. Terima Kasih


Leave a Reply


eight − 5 =