Informasi & Promosi

Dapatkan Informasi / Promosi Layanan Kesehatan RS. Mitra Kemayoran Dengan Mengisi Data Dibawah ini:


Headline

Nyeri Punggung – Nyeri Punggung Bawah & Atas

 

Nyeri punggung bagian bawah atau dipinggang kerap luput dari perhatian serius. Dikira hanya pegal-pegal biasa, ternyata nyeri punggung ini bisa mengindikasikan gangguan serius. Tumor, misalnya.

Pasti banyak yang tidak memperhatikan , bahwa punggung kita adalah bagian tubuh yang paling keras. Punggung harus  bekerja nonstop 24 jam sehari. Dalam posisi duduk, berdiri ( mengerjakan pekerjaan rumah tangga, berjalan ) bahkan tidur, punggung harus bekerja keras menyangga tubuh kita. Bisa dibayangkan , jika kita tak jeli menjaga kesehatan punggung, maka nyeri punggung atau nyeri tulang belakang ( backpain ) pun menimpa.

Menurut Dr. Lutfhi Gatam SpBO ( K ), FICS, spesialis bedah orthopaedi RS Mitra Kemayoran, Jakarta, angka kejadian backpain memang termasuk tinggi. Dr. Luthfi memberi ilustrasi, menurut studi di AS, 80% manusia yang pernah mencapai usia 50 Tahun, sekali dalam hidupnya pasti pernah mengalami backpain.”ini yang menyebabkan nyeri punggung lalu menjadi masalah dibanyak negara, karena seringkali mempengaruhi produktivitas kerja” lanjutnya.

Jika presentase pengidapnya begitu tinggi, lantas apa sebetulnya penyebab nyeri punggung? Menurut Dr. Luthfi, penyebabnya sangat beragam. Yang paling sering adalah karena proses degeneratif atau proses penuaan (aging proses), termasuk ketika terjadi hernia nukleus pulposus ( HNP ) atau saraf terjepit. Pada proses degenerasi tulang belakang, jika tulang sudah menebal atau bantalan tulang sedah lemah, maka isi bantalan tadi akan keluar dan menekan saraf yang ada dibelakangnya. : Ini yang oleh awam sering disebut dengan tulang kejepit. Rasanya sangat sakit, jadi sebaiknya segefra dibawa kedokter untuk mendapat penanganan”. Penyebab backpain yang kedua adalah trauma, bisa trauma akibat benturan saat berolah raga, sampai trauma akibat cara mengangkat benda yang salah.

Trauma juga mencipatakan robekan-robekan kecil pada otot punggung, misalnya kurangnya pereggangan pada saat otot kaku atau tegang. Penyebab lain adalah infeksi, misalnya karena kuman TBC, dan tumor tulang. Backpain juga merupakan gejala skoliosis, yaitu kelengkungan tulang belakang yang abnormal kearah samping, yang dapat terjadi pada segmen servikal ( leher ), torakal ( dada ) maupun lumbal ( pinggang ). Pada mereka yang berusia lanjut, pengeroposan tulang atau osteoporosis menjadi pemicu backpain. Pada usia ini , tulang mulai keropos karena masa tulang mulai berkurang. Akibatnya, gampang sekali terjadi patah pada tulang belakang. Buruknya postur tubuh, kegemukan ( obesitas ) dan geraan yang kurang benar selama bertahun-tahun juga bisa berakibat backpain.

Bedrest

Salah satu gejala backpain adalah rasa sakit dipinggang. ” Tapi, gejala sakit pinggang ini tidak selalu, karena kadang-kadang nyeri punggung tidak diawali sakit pinggang.” yang harus diketahui, jelas Dr. Luthfi, sakit atau nyeri pada pinggang ( yang merupakan gejala nyeri punggung ), juga bisa berasal dari organ-organ yang ada disekitar tulang belakang. Misalnya ginjal, usus, atau alat –alat genitalia wanita ( Ovarium , saluran indung telur dan sebagainya).” Semua bisa memberikan kontribusi terhadap nyeri tulang belakang, meskipun yang paling sering menyebabkan nyeri adalah karena tulang belakang.”

Gejala backpain yang paling sering muncul adalah rasa sakit yang menjalar dikaki. ” Kaki rasanya seperti tertarik”, Kata Dr. Luthfi. Juga terasa ada sensasi, seolah-olah kaki kiri berbeda dibanding kaki kanan.” Kaki juga terasa panas dingin, baal, dan kesemutan” lanjut Dr. Luthfi.

Yang harus diwaspadi adalah gejala-gejala klinis dimana nyeri punggung terjadi terus menerus tanpa ada hubungan dengan aktivitas seseorang. ” Misalnya punggung terasa nyeri atau sakit, baik pada saat beraktivitas maupun tidak. Ini yang harus dicermati. Jika ini terjadi, ada dua kemungkinan penyebabnya. Kalau sakitnya tidak begitu hebat, biasanya karena infeksi”.Jelas Dr. Luthfi. Pengobatan backpain sendiri sangat tergantung penyebabnya. ” Lain penyebab lain pula pengobatannya.” tutur Dr. Lutfhi seraya menyebut beragam tindakan untuk nyeri punggung, dari yang palin sederhana yaitu sifat istirahat ( bedrest ), misalnya untuk kasus otot tertarik atau ligamen sprain, sampai penanganan yang sangat canggih, seperti mengganti bantal tulang belakang. Jika dengan bedrest tidak juga sembuh, maka harus  ditingkatkan dengan pemeriksaan sinar X atau dengan MRI ( Magnetic Resonance Imaging ). Setelah itu, bisa dilakukan fisiotherapi, pengobatan dengan suntikan, muscle exercise, hingga operasi. Masih ada lagi teknik pengobatan lain, misalnya melalui pembedahan dengan endoskopi (spinal surgery), metode pasang pen,sampai penggantian bantalan tulang.

Sit Up di Kantor

Pada orang-orang tertentu, contohnya karyawan kantor, penyebab backpain yang paling sering adalah duduk terlalu lama, sikap duduk yang tidak tepat,postur tubuh yang tidak ideal (improper), aktivitas yang berlebihan,serta trauma.” Jadi, untuk mencegah nyeri punggung, yang harus dilakukan adalah menghindari semua itu,”jelas Dr.Lutfhi,caranya :

  • Lakukan aktivitas yang cukup yang tidak terlalu berat
  • Selalu duduk dalam posisi yang tepat.”Duduk harus tegap, sandaran tempat duduk harus tegak lurus, tidak boleh melengkung. Posisi duduk berarti membebani tulang belakang 3-4 kali berat badan, apalagi duduk dalam posisi yang tidak tepat. Sementara padaposisi berdiri, punggung hanya dibebani satu setengah kali berat badan normal.
  • Jangan terlalu lama duduk.Untuk orang normal,cukup satu setengah jam hingga dua jam,sementara untuk mereka yang pernah terkena nyeri punggung, cukup satu jam . Setelah itu, sebaiknya berdiri dan lakukan peregangan dan duduk lagi lima menit kemudian.
  • Jika tidur, pilih tempat tidur yang baik, misalnya yang memiliki matras (kasur) yang kuat (firm), sehingga posisi tidur tidak melengkung.
  • Lakukan olah raga teratur (jika sempat, pada jam istirahat kantor). Pilih olah raga yang berfungsi menguatkan otot-otot perut dan tulang belakang, misalnya sit up. Postur tubuh yang baik akan melindungi dari cedera sewaktu melakukan gerakan, karena beban disebarkan merata keseluruh bagian tulang belakang.

Jika semua ini dilakukan , kata Dr. Luthfi,”Paling tidak 40 persen kita akan terhindar dari nyeri punggung, meskipun ada faktor lain yang menyebabkan nyeri punggung.”

Dr. Luthfi Gatam, SpOT (K-Spine)
(Spesialis Orthopaedi & Traumatologi – Konsultan Spine)
Disadur dari Tabloid NOVA edisi.No.968/XIX.11-17 September 2006

30 Responses to “Nyeri Punggung – Nyeri Punggung Bawah & Atas”

  1. avatar Fahmi says:

    Mau bertanya dok, ibu saya mengalami HNP atau syaraf terjepit. Apakah ada terapi yg hrus dilakukan setelah melalui pemeriksaan dokter dan dokter menyarankan harus terapi, terapi apa yg dianjurkan? Apakah jg tersedia di RS Mitra Kemayoran? Terima kasih

    • Terapi HNP tergantung dari berat atau ringannya HNP yang terjadi, dari hanya dilakukan Fisioterapi saja sampai dilakukan pembedahan apabila HNP nya sudah sangat mengganggu. Semua bisa dilakukan di RS Mitra Kemayoran. Yang perlu anda lakukan adalah mengkonsultasikan dahulu masalah anda ini ke dokter yang tepat. Anda bisa mengkonsultasikannya dahul ke dokter spesialis Bedah syaraf bila terdapat HNP denagn gangguan syaraf yang timbul seperti rasa kebas/Baal/Kesemutan. Atau ke dokter spesialis Orthopaedy bila HHNP yang terjadi menimbulkan rasa sakit tanpa manifestasi gangguan syaraf. Terima Kasih

  2. avatar Lusi says:

    Dok mau tanya, usia saya baru 23 tahun tapi akhir-akhir ini sering sekali mengalami sakit pada tulang punggung bagian atas (diantara tulang belikat). kadang muncul dan hilang tiba-tiba. rasa sakit terasa pada otot diantara tulang belakang tersebut dan menjalar ke tulangnya. rasa sakit ini lebih terasa ketika bangun tidur.

    • Nyeri tulang belakang paling banyak disebabkan karena Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehinga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

  3. avatar toni says:

    Siang Dok, mau tanya?
    Bapak saya umur 55 tahun, dia mengeluh sakit di punggung kiri bawahnya. Sudah cek ke dokter, ginjalnya baik2 aja. Namun dia tetap merasakan nyeri yang amat sangat sakitnya. Terlebih jika berdiri 10 menit aja, nyerinya langsung kambuh. Duduk pun terkadang kambuh dan nyerinya ini seakan berjalan disekitar punggung kirinya. dan baru bisa agak reda jika berbaring tidur. Menurut Dokter ini penyakit apa ya ?
    Solusinya bagaimana Dok ?

    Terima kasih Dok.

    • Nyeri punggung sering disebabkan karena faktor usia yang menyebabkan degeneratif tulang belakang karena usia lanjut tersebut. Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehinga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

  4. avatar Lenni says:

    Dok mau tanya. Usia saya baru 16th dan saya sering banget merasa tulang punggung bawah (atas panggul) kalau untuk rebahan setelah duduk lama atau berjalan terlalu lama tulangnya seperti berbunyi kretekkretek. Dan juga pinggang saya yg kanan dan kiri bentuknya berbeda. apakah itu termasuk skoliosis? dan apakah itu berbahaya?

    • Nyeri tulang belakang pada usia-usia muda sering disebabkan karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehingga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

  5. avatar luvita says:

    siang dok, saya mau tanya. Usia saya baru 16th, tapi saya sering merasa pinggang bawah saya (atas panggul) kalau untuk rebahan setelaj duduk atau berjalan lama seperti bunyi kretekkretek. dan juga pinggang saya antara yg kiri dan kanan kelengkungannya berbeda. Apakah itu termasuk skoliosis dan berbahaya? terimakasih

    • Nyeri tulang belakang pada usia-usia muda sering disebabkan karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehingga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

  6. avatar Taufiqurrahman says:

    Dok , Saya masih umur 16 tahun , tapi kenapa saya sekarang tiba2 nyeri punggung di bagian bawah , sehingga saya sangat sulit bergerak , terutama saat melakuka shalat.

    • Nyeri tulang belakang pada sering disebabkan karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehingga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 ext 3777, Terima kasih

  7. avatar Fia says:

    Dok, saya mau tanya. sudah 6 bulanan ini saya mengalami sakit punggung bagian kanan bawah. selain itu juga sepertinya ada bagian tulang yang agak menonjol di punggung bawah dibagian kiri dan akhr2 ini saya sulit jika BAB/konstipasi. apakah ada hubungannya antara sakit pinggang dengan kelanvaran BAB? perlukan saya untuk melakukan pemeriksaan MRI? terima kasih

    • Nyeri tulang belakang pada sering disebabkan karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehingga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut yang bisa menyebabkan rasa kebas, kesemutan maupun gangguan syaraf lain termasuk gangguan BAB.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 ext 3777, Terima kasih

  8. avatar rini says:

    Dokter,semula setelah bangun tidur badan sebalah kiri saya spt lumpuh. Tembus sampe ke payudara. Setelah saya rontgen hasilnya spondilosis vertebra dan penyempitan foramen inter vc 5-6 dan 6-7. Saya pernah 2x fisioterapi tp krn tdk ada efeknya saya hentikan. Sekarang ini ganti yg sakit sebelah kanan. Leher, lengan atas, belikat dan ketiak bawah pegal dan kdg rasanya sampai ke payudara. Kolesterol,TG dan asam urat saya tinggi. Kira2 saya ini kenapa ya dok?

    • Nyeri pada tulang belakang termasuk pada tulang leher sering disebabkan karena faktor usia yang menyebabkan degeneratif tulang belakang karena usia lanjut tersebut. Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehinga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti yang anda rasakan saat ini. Fisioterapi memang bisa banyak membantu untuk mengurangi rasa sakit seperti yang anda rasakan saat ini, tetapi memang harus sabar dan dilakukan beberapa kali dan tidak bisa dirasakan efeknya kalau fisioterapi hanya dilakukan dua kali saja.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

  9. avatar Neltje says:

    saya berumur 51 tahun bekerja sbg PNS, aktivitas sy setiap hari lebih dari 8 jam lebih banyak duduk dp berdiri, sudah 5 hari ini sy merasakan nyeri punggung sebelah kanan kebawah (sepertinya bukan tulang belakang tapi tulang belikat dok ) dan rasa sakitnya agak berkurang setelah diurut dengan counterpain, tapi tapi rasa nyeri tidak hilang juga kecuali kalau saya istrahat (tiduran). apa penyebab sakit tersebut dan saya harus konsul kemana , apakah keorthopedi atau kebag. neurologi, tapi sepertinya didaerah saya belum ada orthopedi dok,…terima kasih

    • Nyeri pada tulang belakang sering disebabkan karena faktor usia yang menyebabkan degeneratif tulang belakang pada usia lanjut tersebut. Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat beban yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehinga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti yang ayah anda rasakan saat ini.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah ayah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang ayah anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

  10. avatar fuji says:

    Pagi dokter,saya mau bertanya usia saya 19 tahun,keluhan saya setiap saya berjalan tulang pinggul saya selalu berbuyi krekk krek dokter,apa kah.berbahaya dokter? Makasih

    • Apakah pernah terbentur atau jatuh dalam keadaan keras ? Biasanya keadaan seperti ini terjadi bila terkena trauma yang cukup keras yang menyebab kan pergeseran otot-otot penyanggah serta persendian tulang panggul kita. Kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan dahulu masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedi agar menadapatkan pemeriksaan yang lebih seksama. Kalau diperlukan, mungkin akan dilakukan Fisioterapi untuk memperkuat struktur panggul anda tersebut. Anda bisa datang ke klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. TerimA kASIH

  11. avatar fuji says:

    Saya pernah jatuh duduk di kamarmandi dokter,
    Apa kah berbahaya d kemudian harinya dokter?

    • Untuk mengetahui sampai dimana cederanya, kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikannya masalah anda ini ke dokter spesialis orthopaedy. Supaya bisa dilihat apakah kelemahan persendian dan otot-otot penyanggahnya akibat trauma tersebut akan menimbulkan hal serius di kemudian hari. Terima Kasih

  12. avatar cahya says:

    Selamat siang dok.. usia saya sekarang 52 tahun, 2 bulan yll leher saya seperti ada urat yg ketarik lama kelamaan leher saya sampai pundak sakit/tidak enak rasanya kemudian ujung rahang bawah kanan (deket telinga) ada seperti urat yg membesar shg keliatan sedikit bengkak dan lengan kanan terasa seperti pegal sekali oh ya bersamaan dengan itu punggung bagian bawah (kanan) kecetit tapi sekarang sudah agak mendingan tapi blm sembuh total. Semua yg sakit diatas itu bagian kanan semua dok.. Penyakit apa itu ya dok / kemudian apa penyebab itu semua / serta bagaimana cara mengobatinya ? (saya tidak pernah jatuh sebelumnya)

    Mohon penjelasannya ya dok… Terima kasih sebelumnya.

    • avatar cahya says:

      Saya tambahkan disini dok, kalau saya bekerja banyak duduk dikantor dan memang kurang olah raga. Rasa tidak enak dileher (walaupun tidak sakit sekali) apakah ada hubungannya dengan kelenjar ludah atau kelenjar getah bening ya dok ?
      Terima kasih sebelumnya atas penjelasannya.

      • Nyeri pada tulang belakang termasuk tulang leher sering disebabkan karena faktor usia yang menyebabkan degeneratif tulang belakang/tulang leher pada usia lanjut tersebut. Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang/tulang leher. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
        = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang/tulang leher yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
        - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
        - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat beban yang cukup besar di tulang belakang kita
        - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang/tulang leher kita melengkung saat duduk atau tidur
        - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehinga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang termasuk tulang leher.

        Karena tulang belakang termasuk tulang leher merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang termasuk tulang leher dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang/tulang leher tersebut. Bila cedera tulang belakang termasuk tulang lehernya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti yang ayah anda rasakan saat ini.

        Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah ayah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang ayah anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

    • Nyeri pada tulang belakang termasuk tulang leher sering disebabkan karena faktor usia yang menyebabkan degeneratif tulang belakang/tulang leher pada usia lanjut tersebut. Penyebab lain yang juga sering terjadi adalah karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang/tulang leher. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang/tulang leher yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat beban yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang/tulang leher kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehinga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang termasuk tulang leher.

      Karena tulang belakang termasuk tulang leher merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang termasuk tulang leher dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang/tulang leher tersebut. Bila cedera tulang belakang termasuk tulang lehernya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman seperti yang ayah anda rasakan saat ini.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah ayah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang ayah anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 Terima kasih

  13. avatar iqbal says:

    dok,saya berumur 22 tahun, saya mengalami nyeri tubuh sebelah tangan dari punggung sampai kaki termasuk betis,lutut , paha, saya sudah ke fisioterapi selama 2 minggu disuruh ronsen karena hnpdan hasilnya bagus dan tidak ada perubahan lalu dokter dikonsultasikan ke saraf, trs didiagnosis hnp di saraf pembungkus daging/tulang, trs kalau duduk ,tidak isa lama karena panas dan lutut pernah klw jalan bunyi , setelah 2 x konsul ke dia belum ada perubahan, sebagai tambahan saya pernah jatuh di kamar mandi dalam duduk,gimana solusinya dok

    • Untuk masalah dan gejala-gejala yang anda sebutkan ini, memang mirip kearah Rhematoid Arthritis, apalagi bila rasa nyeri ini disertai peradangan dan pembengkakan di daerah sekitar sendi. untuk itu kami anjurkan anda untuk memeriksakan diri anda ini ke dokter spesialis Rheumatology untuk mendapatkan pemeriksaan lebih teliti. Terima Kasih

  14. avatar Vinna says:

    Dok, saya mau nanya. Saya mengalami sakit di dada bagian kanan daerah diafragma dan sakitnya menjalar ke samping sampai ke punggung. Awalnya, ketika saya nonton di bioskop terus saya duduknya miring ke kiri, tiba2 satu punggung rasanya sakit seperti ditusuk jarum, tapi setelah selesai menonton, rasa sakitnya hilang. kemudian keesokan harinya tiba2 dada saya yang sakit dan sakitnya menjalar sampai ke punggung bagian kanan. Jika saya bergerak sedikit saja, misalnya tertawa, menarik napas panjang, atau bangun tidur dan bergerak biasa rasa sakitnya seperti ditusuk2, mirip kayak orang keseleo. Saya sudah pernah ke internist dan rontgen paru2, tapi paru2 saya normal berdasarkan hasil rontgen tersebut. Saya juga pernah diberi obat untuk relaksasi otot untuk 5 hari, namun sampai obatnya habis, masih saja belum sembuh. Apakah rasa sakit saya itu disebabkan oleh otot, tulang, atau syaraf ya? Sebaiknya saya pergi ke dokter spesialis apa ya? Karena sudah 3 minggu tapi masih tetap sakit dan sampai saat ini sakitnya lebih ke arah punggung kanan bagian atas.

    • Nyeri tulang belakang pada usia anda seperti ini sering disebabkan karena faktor Trauma yang terjadi ditulang belakang. Faktor-faktor trauma yang sering terjadi antara lain:
      = Kelainan anatomis tubuh karena tulang belakang yang tidak lurus (bengkok) seperti pada penderita Scoliosis
      - Terbentur benda keras atau kecelakaan lain seperti jatuh terduduk dsb nya
      - Sering membawa benda-benda berat seperti tas tangan, Ransel, angkat barang-barang berat, termasuk angkat anak-anak kita, yang membuat bebean yang cukup besar di tulang belakang kita
      - Posisi duduk atau tidur yang salah yang menyebabkan tulang belakang kita melengkung saat duduk atau tidur
      - Kipas angin atau AC yang terus menerus mengarah ke tubuh sehingga menimbulkan kram otot-otot disekitar tulang belakang.

      Karena tulang belakang merupakan tempat keluarnya syaraf yang berasal dari otak, bila terjadi gangguan di tulang belakang dapat mengganggu syaraf yang keluar dari tulang belakang tersebut. Bila cedera tulang belakangnya cukup parah, bisa menyebabkan penjepitan syaraf di daerah cedera tersebut.

      Kami anjurkan anda untuk memeriksakan masalah anda ini ke dokter spesialis Orthopaedy terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan secara seksama penyebab nyeri yang anda keluhkan ini. Bila diperlukan akan dilakukan pemeriksaan MRI untuk diketahui penyebabnya dan dilakukan fisioterapi untuk mengurangi rasa sakit yang mengganggu tersebut. Anda bisa datang ke Klinik “Jakarta Orthopaedyc Center” di Lantai 3 RS Mitra Kemayoran. untuk jam praktek dokter anda bisa menghubungi di nomor ini (021)6545555 ext 3777, Terima kasih


Leave a Reply


three − 1 =