Informasi & Promosi

Dapatkan Informasi / Promosi Layanan Kesehatan RS. Mitra Kemayoran Dengan Mengisi Data Dibawah ini:


Headline

Pemarikasaan Diagnostik Radiologi menggunakan Magnetic Resonance Imaging

Apakah Magnetic Resonance Imaging (MRI) itu?
Magnetic Resonance Imaging (MRI) merupakan salah satu alat kedokteran mutakhir yang digunakan untuk pemeriksaan diagnostik radiologi. MRI dapat menghasilkan gambar potongan penampang tubuh/organ manusia serta menunjukkan perbedaan antar organ yang sangat jelas dengan resolusi yang tinggi serta lebih sensitif untuk menilai anatomi jaringan lunak dalam tubuh.

Apa saja yang dapat diperiksa menggunakan MRI?
Organ-organ tubuh seperti otak, tulang belakang dengan susunan sarafnya serta persendian seperti pada keadaan cedera lutut maupun cedera sendi bahu dapat lebih detil tergambarkan dengan menggunakan pemeriksaan MRI. Pemeriksaan lain yang dapat dilakukan dengan MRI yaitu evaluasi anatomi dan kelainan dalam rongga dada, payudara, organ-organ dalam perut, payudara, pembuluh darah dan jantung.

Apa keunggulan MRI?
MRI tidak menggunakan radiasi sinar X ataupun bahan radioaktif, melainkan menggunakan medan magnet kuat yang mengelilingi tubuh. Dengan menggunakan teknik ini, MRI tidak menimbulkan sakit atau kerusakan jaringan akibat efek radiasi atau lainnya. Bahkan dengan kemajuan teknologi MRI saat ini, kebutuhan untuk penggunaan media kontras dapat dikurangi untuk sebagian besar pemeriksaan MRI.

Apa yang harus disiapkan untuk pemeriksaan MRI?

  • Pasien diminta untuk melepaskan semua benda logam, seperti: telepon genggam, perhiasan, jam tangan, dompet, kartu kredit, kaca mata, gigi palsu, alat bantu dengar, penjepit rambut, dan lain-lain.
  • Pasien wanita dianjurkan tidak memakai maskara ataupun hair spray karena dapat mempengaruhi hasil foto.
  • Pemeriksaan yang memerlukan zat kontras sebaiknya pasien tidak makan terlalu kenyang 6 jam sebelumnya.

Adakah resiko pemeriksaan MRI?
Pemeriksaan MRI aman dilakukan terkecuali untuk pasien yang menggunakan alat pacu jantung (pace marker), pasien dengan alat bantu dengar, pasien yang dengan alat/klip/protesa berupa logam yang dipasang pada bagian tubuhnya, antara lain dapat berupa klip pada operasi aneurisma, pacemarker pada jantung, alat bantu dengar (hearing-aid), gigi palsu, dan sebagainya. Pasien yang sedang menjalani kemoterapi, pasien dengan pompa insulin dimohon untuk melaporkan kepada dokter. Pada kasus-kasus di atas, pameriksaan MRI dapat dibatalkan karena ditakutkan akan melukai pasien.

Berapa lama proses pemeriksaan MRI?
Sekitar kurang lebih 45 menit tergantung dari bagian tubuh yang akan diperiksa.

Leave a Reply


× 6 = twelve