Informasi & Promosi

Dapatkan Informasi / Promosi Layanan Kesehatan RS. Mitra Kemayoran Dengan Mengisi Data Dibawah ini:


Headline

Sekilas Tentang Tahap-tahap Perkembangan Anak

Oleh dr. Lenny S. Budi, SpA

 

Anak memiliki suatu ciri yang khas, yaitu selalu tumbuh dan berkembang sejak pembuahan sampai berakhirnya masa remaja. Hal inilah yang membedakan anak dengan orang dewasa. Perkembangan adalah bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan gerak kasar, gerak halus, bicara dan bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian. Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan saraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya, misalnya perkembangan sistem neuromuscular, kemampuan bicara, emosi, dan sosialiasi.

 

Aspek Perkembangan yang Perlu Dipantau:

    1. Gerak kasar atau motorik kasar, merupakan aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan pergerakan dan sikap tubuh yang melibatkan otot-otot besar seperti duduk, berdiri, dan sebagainya. Adapun tahap-tahap perkembangan motorik kasar adalah sebagai berikut:
Tahapan Perkembangan Motorik Kasar Umur Rata-rata Pencapaian (dalam bulan)
Telentang dari posisi tengkurap 3,5
Tengkurap dari posisi telentang 5
Duduk ditopang 5,5
Duduk tanpa ditopang 6,5
Merayap 7
Duduk sendiri 7,5
Merangkak 8
Menarik tubuh ke posisi berdiri 8,5
Merambat 9
Berjalan 12
Berjalan mundur 14,5
Berlari 15

 

    1. Gerak motorik halus, adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan anak melakukan gerakan yang melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu dan dilakukan oleh otot-otot kecil tetapi memerlukan koordinasi yang cermat seperti mengamati sesuatu, menjimpit, menulis, dan sebagainya. Adapun gerak motorik halus masih berhubungan dengan perkembangan sosialisasi dan kemandirian. Perkembangan sosialisasi dan kemandirian adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan mandiri anak (makan sendiri, membereskan mainan setelah selesai bermain), berpisah dengan ibu atau pengasuh anak, bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungannya, dan sebagainya.

Tahapan Perkembangan Motorik Halus Umur Pencapaian (dalam bulan)
VisualFiksasi pandanganMengikuti benda melalui garis tengahMengetahui adanya benda kecil Lahir2 bulan5 bulan
Motor halusTelapak tangan terbukaMenyatukan kedua tanganMemindahkan benda antara kedua tangan

Meraih unilateral

Princer grasp imatur

Princer grasp matur dengan jari

Melepaskan benda secara volunteer

3 bulan4 bulan5 bulan

6 bulan

9 bulan

11 bulan

12 bulan

Pemecahan masalahMemeriksa bendaMelemparkan bendaMembuka penutup mainan

Meletakkan kubus di bawah gelas

7-8 bulan9 bulan10 bulan

11 bulan

MenggambarMencoretMenggambar meniruMenggambar spontan 12 bulan16 bulan18 bulan
Melaksanakan tugasMemasukkan biji ke dalam botolMelepaskan biji dengan meniruMelepaskan biji spontan 12 bulan14 bulan16 bulan
MakanMakan biscuit yang dipegangMinum dari gelas sendiriMenggunakan sendok 9 bulan12 bulan12 bulan
BerpakaianMembuka baju sendiriMemakai bajuMembuka kancing

Memasang kancing

Mengikatkan tali sepatu

24 bulan36 bulan36 bulan

48 bulan

60 bulan

 

    1. Kemampuan bicara dan bahasa, adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan untuk memberikan respon terhadap suara, berbicara, berkomunikasi, mengikuti perintah, dan sebagainya. Dengan mengetahui pola normal perkembangan bicara diharapkan dapat dideteksi apabila ada keterlambatan bicara pada anak.

 

Pola Normal Perkembangan Bicara Pada Anak

Umur Kemampuan
1 – 6 bulan Respon terhadap suara
6 – 9 bulan Babbling
10 – 12 bulan Imitasi suara, mengucapkan mama/papa tidak berarti sampai berarti, kadang meniru 2-3 suku kata
13 – 15 bulan Perbendaharaan 4-7 kata, logat; <20% bicara dapat dimengerti orang lain
16 – 18 bulan Perbendaharaan 10 kata, beberapa ekolalia dan logat; 20-25% bicara dapat dimengerti orang lain
19 – 21 bulan Perbendarahaan 20 kata; 50% bicara sudah dapat dimengerti orang lain
22 – 24 bulan Perbendaharaan >50 kata; kalimat 2 kata; tak terdengar logat; 60-70% bicara dapat dimengerti orang lain
2 – 2,5 tahun Perbendaharaan >400 kata, termasuk nama; kalimat 2-3 kata; menggunakan kata pengganti; ekolalia minimal , 75% bicara dapat dimengerti orang lain
2,5 – 3 tahun Menggunakan kata jamak dan waktu lalu; tahu umur, kelamin; meghitung 3 objek dengan benar; kalimat 3-5 kata; 80-90% bicara dapat dimengerti orang lain

 

Deteksi dini untuk mengidentifikasi adanya keterlambatan bicara pada anak prasekolah sangat diperlukan sehingga dapat dilakukan evaluasi lebih lanjut. Para ahli perkembangan menganjurkan perlunya evaluasi lebih lanjut bila dijumpai anak dengan keadaan sebagai berikut:

      1. Tidak menunjukkan babbling, menunjuk atau mimik yang baik pada umur 12 bulan
      2. Tidak ada kata pada umur 16 bulan
      3. Tidak ada 2 kata spontan pada umur 2 tahun
      4. Hilangnya kemampuan bicara atau kemampuan social pada semua umur

 

Perkembangan Panca Indera Pada Bayi

Fungsi indera pendengaran dan penciuman sudah hampir sempurna sejak bayi lahir, sehingga bayi mudah kaget dan perlahan-lahan sudah dapat mengenal orang sekitarnya dengan indera pendengaran dan penciuman tersebut. Sejak usia 6 bulan, pengenalan tersebut diperkuat lagi dengan semakin berkembangnya indera penglihatan dan semakin kuatnya daya ingat, sehingga pada bayi normal usia 6 bulan jika bertemu dengan orang yang tidak pernah dilihatnya maka bayi tersebut akan menangis.

Perkembangan indera pengecap dimulai sejak usia 4 bulan, sehingga pada usia tersebut bayi sudah mulai mengenal rasa enak atau tidak dari suatu makanan yang diberikan kepadanya. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap pemberian asupan makanan pada bayi. Oleh karena itu, sebaiknya makanan yang diberikan pada bayi merupakan makanan yang tidak hambar.

 

Hal terpenting dari perkembangan anak adalah pemantauan sebagai salah satu cara deteksi dini untuk mengetahui adanya keterlambatan perkembangan pada anak, sehingga sebagai orang tua kita dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak sesegera mungkin dan jika memang terdapat kelainan dapat ditatalaksana lebih lanjut. Lebih baik lagi apabila tatalaksana dapat diberikan sebelum anak berusia 3 tahun oleh karena usia kurang dari 3 tahun adalah masa emas bagi perkembangan anak.

Leave a Reply


6 − = two