Informasi & Promosi

Dapatkan Informasi / Promosi Layanan Kesehatan RS. Mitra Kemayoran Dengan Mengisi Data Dibawah ini:


Headline

Tekanan Darah Rendah dan Tekanan Darah Tinggi

Apakah tekanan darah rendah itu ?

Tekanan darah rendah biasa disebut juga hipotensi. Hipotensi adalah suatu istilah medis yang digunakan pada orang yang memiliki tekanan darah kurang dari 90/60 mmHg. Angka 90 adalah tekanan sistolik dan angka 60 adalah tekanan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan tekanan pada dinding pembuluh darah pada waktu jantung memompakan darah keseluruh tubuh dan tekanan diastolik adalah tekanan pada dinding pembuluh darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung.

Apakah berbeda dengan tekanan darah tinggi ?

Ya. Tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi adalah suatu istilah medis yang digunakan pada orang yang memiliki tekanan darah diatas 140/90 mmHg.

<strong”>Bagaimana asal-muasalnya ?

Hipotensi bisa terjadi karena berbagai macam sebab, antara lain :
Seseorang mengalami pendarahan, luka sobek atau kecelakaan yang menyebabkan luka dibagian dalam.
pelebaran pembuluh darah yang disebabkan dari infeksi yang meluas, misalnya infeksi tenggorokan yang kemudian menjalar ke paru-paru serta organ tubuh yang lainnya.
Volume darah yang berkurang, hal ini dapat terjadi pada orang yang menderita diare.

Apa indikator seseorang menderita tekanan darah rendah ?

Indikator seseorang mengalami hipotensi ialah adanya faktor turunan, penyakit jantung, anemia, pendarahan, infeksi, dan diare.

Bagaimana mengatasi tekanan darah rendah ?

Hipotensi bawaan sejak lahir bukan merupakan suatu penyakit, sehingga tekanan darah orang yang bersangkutan tidak perlu dinaikkan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan , orang – orang yang mengalami hipotensi sejak kecil usianya lebih panjang dan lebih sehat. Hipotensi akan menjadi masalah jika terjadi pada usia dewasa, dan dipenderita awalnya sangat sehat.


Saran yang dilakukan bagi penderita tekanan darah rendah ?

Sarannya kepada penderita hipotensi adalah minum air putih dalam jumlah yang cukup antara 6 hingga 8 gelas per hari. Mengkomsumsi makanan yang tinggi kadungan garamnya. Berolah raga secara teratur, minimal 3 X dalam seminggu masing- masing selama 30 menit. Selain itu penderita hipotensi juga boleh sesekali minum kopi agar degup jantung bertambah, sehingga tekanan darah akan meningkat. Minuman yang mengandung kafein akan membuat pembuluh darah yang melebar menjadi menyempit.

Saya dengar penderita tekanan darah tinggi pantang makan kolesterol tinggi seperti sate kambing ?

Ya. Penderita tekanan darah tinggi tidak diperbolehkan mengkomsumsi daging kambing, karena daging kambing mengandung kadar kolesterol yang tinggi yang fatal dikomsumsi oleh pengidap hipetensi, orang yang menderita hipertensi diharapkan kadar kolesterol dalam darahnya seimbang. Karena apabila kadar kolesterol tersebut tinggi dapat terjadi pendarahaan diotak ( pemicu stroke ), serangan jantung, gagal ginjal.

Bagaimana dengan penderita tekanan darah rendah , apakah justru aman dan disarankan makan kolesterol tinggi ?

Mengkomsumsi daging kambing bagi penderita hipotensi sebenarnya belum jelas apakah dapat meningkatkan tekanan darah atau tidak. Kalau meningkatkan kandungan haemoglobin (Hb) dalam darah mungkin benasr.

Makanan apa yang disarankan untuk penderita tekanan darah rendah ?

Makanan yang disarankan adalah 4 sehat 5 sempurna. Mengkomsumsi air putih yang cukup. Penderita hipotensi juga boleh sesekali minum kopi, memgkomsumsi makanan yang mengandung kadar garam tinggi.

Ada nggak penyakit yang beresiko buat penderita tekanan darah rendah ?

Mungkin suatu kemujuran bahwa anda memiliki tekanan darah rendah (hipotensi). Karena dalam suatu kesimpulan bahwa tekanan darah rendah (hipotensi) memiliki harapan hidup yang lebih tinggi dari pada orang – orang yang tekanan darahnya normal.

Bagaimana mengatasinya ?

Dokter hanya akan memberikan obat-obatan peningkat tekanan darah rendah, apabila gejala-gejala dari hipotensi tersebut sudah mengganggu aktivitas Anda sehari – hari.

Apakah penderita tekanan darah rendah juga beresiko menderita diabetes dan penyakit jantung?
Ya. Resiko tentu ada, itu semua bergantung dari faktor keturunan dan gaya hidup anda.Kalau sampai menderita salah satu penyakit itu apa penanganannya berbeda dengan Penderita yang tidak mengalami darah rendah ?Secara umum, penangananya tidak jauh berbedah. Pada orang dengan hipotensi, tentu obat-oabt yang dapat menurunkan tekanan darah harus dihindari.

Dr. Taswin Prawira, SpPD
Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS. Mitra Kemayoran Jakarta

22 Responses to “Tekanan Darah Rendah dan Tekanan Darah Tinggi”

  1. avatar Ricky says:

    Selamat pagi
    Saya ingin bertanya, saya sedang proses pengobatan flek paru – paru dan maag saya, terus saya suka sempoyongan dan pusing pandangan agak sedikit kabur, apakah itu dikarenakan efek obat paru – paru atau efek penyakit flek dan maag … ?

    Saya sudah berobat selama 5 bulan.

    Dan apakah orang yang terkena flek paru – paru bisa beraktifitas ?

    Terima kasih

    • Pengobatan flek paru – paru bioasanya tidak mengganggu aktifitas apapun, dan keluhan yang anda rasakan saat ini, biasanya hanya berlangsung di awal – awal pengobatan flek paru – parunya. Bila keluhan seperti ini masih berlanjut hingga saat ini, bisa disebabkan karena dari masalah maag anda, bisa juga dari hal – hal lain yang harus dicari melalui pemeriksaan lanjutan. Kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan masalah anda ini ke dokter spesialis paru yang menangani masalah flek paru – paru anda agar bisa dicari penyebab masalahnya, sehingga hidup anda bisa lebih berkualitas walau dalam pengobatan flek paru – parunya. Terima Kasih

  2. avatar MEE says:

    selamat siang dokter.
    saya ingin bertanya, usia saya 19 thn. tensi darah saya 110. saya sering merasa kepala saya pusing,lemas, degup jantung juga kencang, pandangan mata saya juga berkunang2. saya sudah berusaha makan makanan yang bisa menambah tekanan darah saya bahkan meminum obat sangobion. namun masih juga tensi darah saya 110 juga. tolong beri solusi agar tekanan darah saya bisa normal.

    • Tekanan darah normal berkisar antara 100/60 mmHg sampai 130/80 mmHg, jadi tekanan darah anda yang 110 ini termasuk tekanan darah normal. Bila terdapat keluhan pusing, jantung berdebar-debar dan rasa lemas, pandangan kabur dan berkunang-kunang dengan tensi 110, artinya bukan disebabkan karena tekanan darahnya itu sendiri tetapi disebabkan oleh kelainan – kelainan lain yang belum terdeteksi, misalnya Anemia (kekurangan darah), kekurangan elektrolit tubuh sperti kalsium, natrium atau kalium dsbnya, masalah dijantung juga masalah-masalah lainnya. Untuk itu kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan masalah anda ini ke dokter spesialis penyakit dalam untuk dicari penyebab yang pasti dari keluhan anda ini. Karena memang diperlukan pemeriksaan penunjamg lainnya agar bisa ditemukan penyebab keluhan anda. Terima Kasih

  3. avatar Aliefya Prasetyo says:

    Saya wanita umur 21 tahun. Sering sekali kepala saya pusing terutama saat baru bangun tidur, selalu sempoyongan apalagi bila malamnya sya begadang untuk menyelesaikan tugas, apakah keadaan seperti itu juga harus di ukur tekanan darahnya? Lalu waktu yang tepat untuk melakukan tensi di waktu yang seperti apa?
    Saya juga adalah orang yang takut dengan dokter dan jarum suntik,saya sering merasa sakit dilipatan paha sebelah kiri sempat panas selema 3 hari lebih tapi saya tidak mau ke dokter, akhirnya saya dibawa ke tukang pijat yang lulus dari sebuah sekolah pijat, ketikt di pijat di bagian lipatan paha terasa sangat sakit seperti ada benda kerasnya, juga sakit bagian pingganv belakang lalu katanya saya sakit batuginjal apakah itu benar, saya juga sering browsing masalah itu dan pola makan saya juga seperti makanan pemicu hal tersebut saya juga kurang konsumsi air putih paling banyak 3gelas sehari semalam, tapi bung air kecil saya lancar
    Mohon penjelasannya.

    • Keseimbangan kita akan terganggu bila kita kurang istirahat seperti begadang, posisi yang berubah secara tiba-tiba, misalnya dari tidur langsung bangu tanpa jeda untuk beradaptasi. Tekanan darah kita pun menjadi kacau sehingga kita merasa sempoyongan. Tidak ada waktu yang tepat untuk pengukuran tekanan darah, kapanpu bisa dilakukan bila memang diperlukan.

      Pinggang yang sakit bisa disebabkan oleh bermacam macam penyebab, dari kekakuan otot sampai ke organ-organ dalamnya seperti masalah di ginjalnya. Mau tidak mau memang harus diperiksakan ke dokter supaya tidak asal tebak dan ber prasangka yang buruk.

      Pola makan yang buruk dan minum yang kurang seperti yang anda lakukan saat ini haruslah dirubah, minimal cairan yang masuk sekitar 1500 sampai 2000 cc perhari, jangan kurang tetapi boleh lebih, karena cairan yang kurang justru akan berakibat buruk terhadap tubuh anda, seperti aliran darah yang kurang lancar karena lebih kental akibat kekurangan cairan, juga sisa – sisa pembakaran tubuh pun tidak cepat dikeluarkan sehingga bisa meracuni tubuh kita sendiri akibatnya kerjs organ-organ tubuh kitapun akan terganggu, termasuk ginjal anda yang merupakan tempat pembuangan sisa -sisa pembakaran tubuh anda. Bukan hanya batu ginjal, tetapi lebih parah lagi yaitu kerusakan ginjal anda karena sisa – sisa pembakaran yang menumpuk di ginjal akibatnya ancaman kerusakan ginjal dan cuci darah bisa mengancam anda. Karena itu penting sekali untuk minum air putih minimal sekitar 1500 – 2000 cc perhari dan juga jangan takut untuk memeriksakan sakit anda ke dokter agar penyakit anda bisa cepat terobati dan jangan dibiarkan sampai parah sakitnya. Terima Kasih

  4. avatar MEE says:

    terima kasih dokter. tetapi saya sudah periksa ke salah satu RS di tangerang. dokter yang menangani saya bilang tekanan darah saya rendah banget. bahkan dokter itu bilang kalu darah rendah itu bahaya apalagi jika datang masa kehamilan. akhirnya saya di beri obat becom-c,cefixime 100mg,intunal-f. selama saya minum obat itu bawaan saya lapar terus. itu bagaimana dokter?? mohon diberi solusinya. tapi dokter, apakah ada pengaruhnya juga akibat saya sudah di operasi usus buntu 2013 yang lalu?

    • Sperti yang saya katakana kemarin, bahwa tekanan darah 110 itu masih dalam batas normal, jadi tidak perlu obat apa – apa. Obat – obat yang anda minum memang lebih banyak ke vitamin yaitu Becom-C, sehingga merangsang raa lapar anda. Sedang yang dua lagi Cefixime 100mg merupakan anitibiotik dan Intunal F adalah obta batuk pilek. Apakah anda sedang batuk pilek ? Untuk masa kehamilan dengan tekanan darah seperti itu masih baik karena masih dalam batas normal. Ynag penting adalah Bagaimana hasil laboratorium anda yang lain seperti hematologi lengkapnya dsbnya. Bila semua normal, solusinya adalah olah raga rutin untuk meningkatkan kondisi fisik anda. Terima Kasih

  5. avatar MEE says:

    maaf dokter, maaf kalau sy bertanya kembali. bisa tlg dijelaskan apa arti dari hasil rontgen saya ini: mediastinum superior tak tebal. paru:ada bintik di perihiler. terimakasih dok.

    • Mediastinum superior tdk menebal artinya masih dalam batas normal, tidak ada proses infeksi atau apapun yang menyebabkan terjadinya penebalan mediastinum superiornya, sedang mengenai ada bintik di perihiller, saya tidak bisa menjelaskan apa maksud bintik tersebut oleh dokter radiologinya, apakah hanya kelainan normal sajakah atau kelainan abnormal. Kami anjurkan anda untuk langsung mengkonsultasikan nya ke dokter spesialis Radiologinya, karena dokter tersebut yang tahu apa maksud dari bintik tersebut, karena kami sendiri tidak bisa melihat fotonya secara langsung. Terima kasih

  6. avatar roy says:

    malam dokter.
    saya mau bertanya. sebelumnya saya minta maaf, bagaimana caranya menghilangkan rasa ingin melakukan hubungan seks. karena saya merasa punya rasa itu terlalu berlebihan dok. tolong penjelasannya

    • Mengalihkan pikiran anda sangat penting untuk selalu tertuju pada masalah sex. Penyaluran energi melalui olah raga, kegiatan – kegiatan kerohanian, akan sangat membantu mengalihkan pikiran anda dari keinginan sex. Terima kasih.

  7. avatar Aliefya Prasetyo says:

    Maaf dokter saya ingin bertanya kembali,
    2 minggu terakhir ini saya sering pusing dan mual tengkuk saya sangat sakit seperti terasa tegang, setiap mau berdiri langsunv terasa sangat pusing, dan harus menunggu benerapa saat agar tidak terasa pusing lagi, orang-orang bilang itu adalah darah rendah (ibu saya juga memiliki tekanan darah rendah), apakah benar gejala seperti itu sudah bisa dikatakan darah rendah, atau sakit yang lain maag misalnya(saya juga memiliki riwayatsakit maag dan tipes)

    • Gejala yang anda rasakan ini memang lebih kearah problem dilambung anda, atau yang anda sebut sebagai sakit maag. dan sakit maag ini dapat menjadi pemicu tekanan darah anda yang rendah semakin rendah sehingga menimbulkan rasa lemas, pusing dan berkunang-kunang. Untuk itu kami anjurkan anda untuk mengkonsultasikan masalah anda ini ke ke dokter spesialis Penyakit dalam agar bisa mendapat pemeriksaan yang lebih teliti dan agar bisa mendapatkan solusi dan pengobatan yang terbaik terhadap masalah yang anda hadapi saat ini. Terima kasih

  8. avatar Aliefya Prasetyo says:

    Terima kasih banyak dokter atas penjelasannya


Leave a Reply


nine − 3 =